PPG (Program Profesi Guru)


Menjadi seorang guru di jaman now sangat berbeda dengan guru di masa lampau. Banyak hal yang harus dilalui untuk menjadi guru profesional yang menyesuaikan atmoster di masa yang berbeda. Seperti halnya alumni para guru muda SM-3T, sejatinya mereka otomatis mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan sekolah lagi untuk mendapatkan gelar guru profesional dengan program barunya yaitu PPG.

Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus dalam menjadi guru. Pendidikan profesi guru harus ditempuh selama 1-2 tahun (2-4 semester) setelah seorang calon guru lulus dari program sarjana kependidikan maupun non sarjana kependidikan. PPG (Program Pendidikan Profesi Guru) merupakan program pengganti akta IV yang berlaku mulai tahun 2005, disisi lain PPG yang saat ini penulis rasakan merupakan follow up pasca SM-3T bagi yang mengikutinya. Program PPG berjalan selama kurang lebih 11 bulan dengan menggojlok mahasiswa untuk menjadi guru profesional. Bagi alumni SM-3T, PPG ini adalah bonus, gratis tapi dengan digandoli berbagai tuntutan saat kuliah maupun di asrama. Wajib diasrama, itulah PPG SM-3T.

UM (Universitas Negeri Malang) menjadi salahsatu perguruan tinggi yang melaksanakan PPG. The Learning University itulah motonya. Dan disinilah saya akan menghabiskan tahun 2018 untuk belajar lagi menjadi seorang guru, ya benar-benar guru. Diharapkan dengan PPG ini kompetensi dan profesionalisme guru benar-benar lebih terjamin.

PPG itu BUKAN KOMPETISI !! melainkan BERJUANG BERSAMA, BERPROSES BERSAMA, DAN MEMILIKI TUJUAN BERSAMA.

budi laksono rises
Posting Komentar