Spesifikasi dan Pengaturan OTOT RANGKA (Muscle Tissue) atau Otot Lurik


SPESIFIKASI JARINGAN OTOT RANGKA
  • Memiliki miofibril yang tampak berselang-seling gelap terang berjajar teratur membentuk pita vertikal terhadap poros otot.
  • Satu serat otot berbentuk silindris panjang 1-300 mm, dengan garis tengah 10-100 mm
  • Otot rangka terdiri atas serat-serat otot. Berkas-berkas sel yang sangat panjang, berbentuk silindris.
  • Berinti banyak. Inti yang banyak itu terjadi akibat peleburan mioblas mononukleus embrional.
  • Inti lonjong terletak pada tepi sel di bawah membran sel. Lokasi inti di tepi sel membedakan otot rangka dari otot jantung dan otot polos, yang keduanya memiliki inti  di tengah.
  • Merupakan otot lurik, volunter, terikat pada tulang/fasia dan membentuk daging dari anggota badan dan dinding tubuh.

PENGATURAN OTOT LURIK
Massa serat yang menyusun berbagai tipe otot yang berbeda tidak berkelompok  secara acak, tetapi disusun dalam berkas-berkas teratur, dikelilingi epimisium, sebuah selubung luar dari jaringan ikat padat yang mengelilingi seluruh otot.

Dari epimisium, septa tipis jaringan ikat memanjang ke bagian dalam, mengelilingi berkas serat dalam otot. Jaringan ikat yang lebih halus mengelilingi berkas atau fasikulus serat-serat otot otot disebut perimisium. Jaringan ikat yang lebih halus lagi meluas dari perimisium masuk diantara  dan di sekitar masing-masing serat atau mengelilingi berkas serat (miofibril) disebut endomisium, yang terutama terdiri atas sebuah lamina basalis dan serabut retikulin. Hipertrofi (yn. Hyper, di atas, + trophe, makanan) adalah penambahan volume serat otot akibat latihan. Hiperplasia adalah pertumbuhan jaringan melalui peningkatan jumlah sel. Hiperplasia tidak terjadi baik pada otot rangka maupun otot jantung, tetapi terjadi pada otot polos, yang sel-selnya belum kehilangan kemampuannya untuk membelah melalui mitosis. Proses ini sering terjadi pada banyak organ lain seperti uterus, yang mana baik hiperplasia atau hipertrofi terjadi selama kehamilan.

Subscribe to receive free email updates:

Posting Komentar