Seperti Apa Kepemimpinan itu ?


Menurut (Siagian,1982) kepemimpinan adalah suatu kelebihan dalam bentuk apapun yang dimiliki oleh seseorang yang menyebabkan orang lain datang kepadanya untuk bertanya dan meminta pendapat atau memperoleh nasehat. Sutarto (1986), mengartikan kepemimpinan sebagai hubungan yang ada dalam diri seseorang atau pemimpin mempengaruhi dalam hubungan dengan tugas untuk mencapai tujuan yang diharapkan atau diinginkan oleh pimpinan. Dharma (1984), kepemimpinan merupakan suatu proses atau praktek mempengaruhi sebagai mana penampilan orang lain yang dipengaruhi oleh seseorang yang berfungsi sebagai pemimpin.

Menurut (Freddy  Numberi,  2009) menyebutkan kepemimpinan berasal dari kata dasar pimpin(dalam bahasa inggris lead) yang berati tuntun. Berari ada dua pihak yang dipimpin (anggota organisasi) dan yang memimpin (pimpinan). Setelah ditambah awalan “Pe” menjadi pemimpin (leader) berarti orang yang mempengaruhi pihak lain melalui proses kewibawaan komunikasi, sehingga orang lain tersebut bertindak sesuai dalam mencapai tujuan tertentu. Kata kepemimpinan (leadership) berarti kemampuan dan kepribadian seseorang dalam mempengaruhi serta membujuk pihak lain agar melakukan tindakan untuk mencapai tujuan bersama. Menurut (Jhon C. Maxwell, 2002) yang diterjemahkan oleh Arvin Saputra mengartikan secara sederhana kepemimpinan adalah pengaruh.

Dari beberapa pendapat diatas maka dapat disimpulkan bahwa kepmimpinan adalah kemampuan mempengaruhi dan menggerakan orang lain sehingga dalam bertindak dan berperilaku sebagaimana yang diharapkan, terutama bagi tercapainya tujuan yang diinginkan.

Pengertian-pengertian yang terdiskripsi tersebut secara subtansi memuat 3 dimensi penting yaitu: ada orang mempengaruhi (pemimpin), ada orang yang dipengaruhi (anggota ) dari suatu organisasi,  dan ada tujuan yang hendak dicapai. Untuk setiap subyek dan obyek tersebut ada beberapa pertanyaan pokok yang hendak dipertanyakan?
  • Apa faktor yang mempengaruhi seorang pemimpin untuk mempengaruhi  ?
  • Bagaimana cara mempengaruhi yang lebih baik ?
  • Dan bagaimana cara mencapai tujuan dari suatu organisasi ?

Subscribe to receive free email updates:

Posting Komentar