POTENSI YANG DIMILIKI BUAH AJAIB DARI PAPUA

Buah Merah (Pandanus conoideus) siap diolah
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Klasifikasi menurut Bentham dan Hooker
Kingdom
Plantae
Divisi
Phanerogamae
Subdivisi
Angiospermae
Kelas
Monocotyledoneae
Ordo
Pandales
Famili
Pandanaceae
Genus
Pandanus
Spesies
Pandanus conoideus Lam

Indonesia adalah suatu negara yang kaya akan keankearagaman hayati. Potensi herbal tersebut memberikan peluang besar bagi pemanfaatannya untuk tanaman obat di Indonesia. Semakin berkembangnya gaya hidup kembali ke alam (back to nature), maka penelitian tentang khasiat tanaman obat semakin diminati. Obat tradisional sudah tidak dapat dipisahkan dari budaya Bangsa Indonesia karena sudah lama sekali melekat serta digunakan oleh segenap lapisan masyarakat.

Salah satu tanaman obat yang cukup menarik perhatian dan banyak diteliti sejak akhir taun 2004 adalah Buah Merah (Pandanus conoideus lamk). Meski masih asing bagi sebagian masyarakat, namun bagi masyarakat Papua terutama yang tinggal di daerah pedalaman Tanaman Buah Merah sudah lama dimanfaatkan terutama sebagai sumber pangan.

Minyak dan Gemuk Buah Merah dijadikan cemilan makan ubi
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Pengembangan Tanaman Buah Merah masih belum banyak dilaksanakan karena selama ini penelitian dititik beratkan pada kandungan bahan aktif di dalam Buah Merah dan penanganan pascapanen khususnya pada proses pengolahan menjadi Minyak Buah Merah. Padahal penanganan budidaya sangat penting guna meningkatkan produktivitas Tanaman Buah Merah mengingat permintaan Buah merah semakin meningkat. Permintaan Minyak Buah Merah yang terus meningkat tidak dapat dipenuhi dengan baik apabila hanya mengandalkan Tanaman Buah Merah yang tumbuh secara liar saja.

Pengembangan Tanaman Buah Merah dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui keragaman dan intensitas teknik budidaya Tanaman Buah Merah yang dilaksanakan di Kabupaten Tolikara, Mimika, Nabire, Mamberamo Tengah, dan Kabupaten Jayapura.

Tanaman Buah Merah termasuk tanaman keluarga pandan-pandanan, namun tinggi tanaman dapat mencapai 16 meter dengan tinggi batang bebas cabang setinggi 5 sampai 8 meter yang diperkokoh akar-akar tunjang pada batang sebelah bawah. Kultivar buah berbentuk lonjong dengan kuncup tertutup daun buah. Buah Merah Papua ini mengandung antioksidan, karoten, betakaroten, tokoferol, omega 3, mineral, dan masih banyak lagi kandungan gizi yang lain. Ukuran Buah Merah mencapai 60 cm, diameter 10-15 cm dengan bobot 2-5 kg.

Pohon Buah Merah yang sudah berbuah
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Buah Merah cukup berat untuk dipikul
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Biji Buah Merah
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Budidaya tanaman dipelopori oleh seorang warga lokal Nicolaas Maniagasi sejak tahun 1983, dan atas jerih payahnya tersebut mendapatkan penghargaan lingkungan hidup Kehati Award 2002. Buah Merah sudah secara turun menurun dikonsumsi oleh masyarakat Papua sebagai penambah energi dan daya tahan tubuh.

Buah Merah menjadi buah yang cukup mengejutkan akan khasiatnya, karena buah ini menyimpan berbagai manfaat yang brgitu ampuh dalam mengobati berbagai jenis penyakit, bahkan untuk mengobati penyakit yang selama ini susah ditemukan obatnya yaitu HIV AIDS.

Drs. I Made Budi M.Sc, melakukan penelitian dalam kandungan gizi berupa nutrisi dan senyawa yang terkandung didalamnya. Ternyata buah ini memiliki kandungan senyawa antioksidan berupa betakaroten 700 ppm, karoten 12.000 ppm, dan tokoferol 11.000 ppm. Didalamnya juga terkandung omega 3 dan omega 9 yang merupakan asam lemak tak jenuh sehingga akan mudah diserap tubuh dan membantu dalam proses metabolisme tubuh.

Kandungan lainnya seperti linolear, asam deknaoat, asam linoeat. dan asam oleat juga akan membantu tubuh dalam menghambat radikal bebas. Betakaroten yang terkandung dalam Buah Kuansu alias Buah Merah juga akan membantu menghambat bertumpuknya flek di arteri sehingga sirkulasi darah menjadi lebih lancar menuju ke jantung dn otak.

Beberapa manfaat Buah Merah yaitu :
  • Kandungan tokoferol yang terdapat dalam Buah Merah mampu untuk mengobati asam urat
  • Untuk mengobati penyakit diabetes melitus atau kencing manis
  • Mengobati penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang
  • Kandungan antioksidan sangat berperan dalam mengobati kanker
  • Untuk menjaga kesehatan mata
  • Buah Merah juga mampu mencegah darah tinggi dan stroke
  • Antivirus dan anti oksidan yang ada pada Buah Merah dapat membantu mempercepat pengobatan penyakit hepatitis.
Sumber
Kutipan Penulis saat mengikuti Pelatihan Pengolahan Minyak Buah Merah semi modern bekerjasama dengan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Papua.


Foto bersama warga dan Dinas TPH Provinsi Papua
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Subscribe to receive free email updates:

Posting Komentar