JARINGAN KUKU, KELENJAR KULIT, KELENJAR KERINGAT, DAN PEMBULUH SARAF

Kuku Adalah lempeng epitel yang berkeratin pada permukaan dorsal setiap talangs distal. Bagian kuku yang paling tersembunyi adalah akar kuku. Stratum korneum epitel ini membentuk eponikiun dan kutikula. Pada dasar kuku hanya terdapat stratum basale dan stratum spinosum, epitel lempeng kuku timbul dari matrik kuku. Sel-sel matrik membelah bergeser ke distal dan akhirnya menanduk membentuk bagian proksimal lempeng kuku. Lempeng kuku yang hampir transparan dari epitel tipis dari dasar kuku merupakan jendela yang berguna untuk mengetahui jumlah oksigen dalam darah.

KELENJAR KULIT

Kelenjar sebasea-kelenjar sebasea terbenan dalam dermis pada sebagian besar permukaan tubuh terdapat + 100 kelenjar per cm persegi pada sebagian besar tubuh. Jumah ini bertambah sampai 400 - 900/cm2. Pada muka, dahi dan kulit kepala kelenjar ini bermuara pada saluran pendek dan biasanya berakhir atas folikel rambut. Kelenjar ini bermuara langsung pada epidermis. Kelenjar sebasea mulai berfungsi pada pubertas. Faktor utama dari pengatur sekresi kelenajr sebasea pada pria adalah testoteran, pada wanita merupakan kombinasi dari androgen oratium dan adrenal.

KELENJAR KERINGAT
eccrine and apocrine sweat glands.

Kelenjar keringat tersebar luas di kulit kecuali untuk daerah tertentu seperti glans penis.Kelenjar keringat ekkrien (merokrin) adalah kelenjar tubuler simpleks bergulung, yang salurannya bermuara di permukaan kulit. Pada sekresi kelenjar ini ada dua jenis sel-sel gelap. Sel piramid yang melapisi sebagaian besar permukaan lumeinal bagian kelenjar sel bening tidak mengandung gianule sekresi sel ini terlibat dalam transportasi garam transepitel dan cairan. Cairan ini mengandung sedikit protein, komponen utamanya adalah air, natrium klorida, urea, amonia, dan asam urat.Setelah cairan dicurahkan kepermukaan kulit, keringat menguat dan menyejukkan permukaan. Selain kelenjar ekkrin ada jenis kelenjar lain. Kelenjar apokrin terdapat di daerah aksila, areola dan daerah anal. Jaringan apokrin terbenam dalam jaringan subkutan dan bermuara pada tolikel rambut. Menghasilkan sekret kental disarati oleh adrenergik kelenajr mole pada tepi kelopak mata merupakan modifikasi dari kelenjar ini.

PEMBULUH SARAF
Pembuluh arteri yang memberi makanan kulit membentuk di pleksus. Satu di stratum papilare dan stratum retikulare. Percabangan pleksus memperdarahi papila dermis setiap papila hanya memiliki satu cabang arteri aseden dan desenden vena terdapat dalam tiga pleksus, dua dalam posisi untuk pembuluh arteri dan yang ketiga di tengah dermis. Salah satu fungsi penting dari kulit bersama dengan persaratan sensorisnya yang banyak dalam menampung rangsangan dari luar. Folikel rambut memiliki jalinan ujung saraf luas yang penting untuk pengolahan impresi taktil dari lingkungan.

Subscribe to receive free email updates:

Posting Komentar