DERMIS, JARINGAN SUBKUTAN, DAN RAMBUT

Dermis terdiri atas jaringan ikat yang menunjang epidermis dan mengikat lapisan dibawahnya. Ketebalan dermis juga bervariasi permukaan dermis sangat tidak teratur dan memiliki banyak tonjolan yang saling mengunci. Dermis terdiri dari dua lapisan :
Stratum Papilare : ini terdiri atas jaringan ikat longgar, fibroblas dan sel jaringan ikat lainnya terdapat disini yang banyak ialah sel mass dan makrofag. Stratum papilare merupakan bagian utama papila dermis pada lapisan ini serabut kolagen menyelip ke lapisan lamina basalis dan meluas ke dalam dermis.
Stratum Retikulare : lebih tebal terdiri atas jaringan ikat padat tidak teratur kelainan pada kulit diantaranya, sindron cutis laxa dan sindrom Ehlers Danlos.

Dermis juga mengandung beberapa turunan epidermis yaitu folikel rambut, kelenjar keringat dan kelenjar sabasea sedangkan persaratan yang ada adalah (Meissner dan Pacini ).

JARINGAN SUBKUTAN
Terdiri dari jaringan ikat longgar yang mengkilat. Hipodermis banyak mengandung sel-sel lemak yang berfariasi jumlahnya, lapisan ini juga disebut sebagai fasta superfisial dan panikulus adiposa.

RAMBUT
Rambut adalah struktur yang berkeratin panjang berasal dari invaginasi epitel epidermis. Warna, ukuran dan penyebarannya bervariasi, sesuai bangsa umur, jenis kelamin dan bagian tubuh. Rambut dapat tumbuh dimana-mana kecuali pada telapak tangan, kaki dan wajah. Pertumbuhan rambut tidak terus-menerus tapi juga memiliki masa istirahat. Sedangkan pertumbuhan rambut pada kepala, muka, pubis sangat dipengaruhi oleh hormon. Setiap rambut berkembang dari sebuah invaginasi epidermal, yaitu folikel rambut yang selama masa pertumbuhannya mempunyai pelebaran pada bagian ujung yang disebut bulbus rambut. Selama masa pertumbuhan sel-sel yang menyusun bulbus itu ekivalen dengan yang terdapat di dalam stratum germinativum kulit. Dalam perkembangan rambut ini akan membentuk sarung akar rambut dalam, sarung rambut akar luar. Sedangkan yang memisahkan folikel rambut dari dermis adalah membran seperti kaca yang merupakan lamina basalis yang menebal. Warna rambut disebabkan oleh aktivitas melanosit yang terdapat pada papila dan sel-sel epitelia akar rambut yang menghasilkan pigmen.

Subscribe to receive free email updates:

Posting Komentar