15 FAKTOR YANG HARUS DIMILIKI OLEH SEORANG PEMIMPIN

Faktor yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin melalui beberapa konsep dasar kepemimpinan yaitu:
  1. Ketrampilan Komunikasi, dengan komunikasi yang efektif dan positif dapat menimbulkan interaksi dan hubungan kerja yang baik sehingga banyak hal akan dapat diselesaikan .
  2. Memotivasi, dimaksudkan untuk membangkitkan semangat untuk bersedia melakukan yang terbaik, termasuk didalamnya memberi contoh yang terbaik untuk dapat diikuti oleh staf.
  3. Pelatihan dan Pembimbingan, sebagai sebuah proses membuat seseorang bisabertanya, mendengar pendapat staf, dan memberi dukungan pada mereka. Lewat proses ini pemimpin (pembimbing) membantu stafnya menyelesaikan masalah yang mereka hadapi dan mendorong mereka dengan banyak pola pikir yang lebih kreatif.
  4. Memberdayakan staf, memberi wewenang kepada staf untuk melakukan sesuatu lalu ia belajar dari pengalamannya sehingga potensi dirinya dapat lebih dikembangkan dengan bantuan pimpinan untuk mendorong, meyakinkan dan berbagi ketrampilan sehingga produktifitas kerjanya lebih meningkat.
  5. Kerjasama, pemimpin membentuk tim kecil dengan memperhatikan kekuatan dan kelemahan dari setiap anggota dan mengelolanya secara positif, menempatkan mereka secara tepat  untuk mencapai sasaran, dan pemimpin tetap bertanggung jawab atas keberhasilan dari pekerjaan mereka.
  6. Mengatur diri dan Manajemen Waktu, pemipin perlu mengatur diri sendiri dan membuat prioritas tanggung jawab agar dapat memnyelesaikan banyak pekerjaan dalam waktu singkat dengan tidak menumpuk pekerjaan, menatanya secara tepat dengan sistim tata ruang dan arsip  yang baik agar memungkinkan untuk diambil kembali arsipnya dalam waktu singkat jika dibutuhkan .
  7. Menyelesaikan Konflik dan Memecahkan Masalah, sedini mungkin pemimpin harus mengenal akar konfliknya dan menggalang semua potensi organisasi untuk menyelesaikanya agar hubungan kerja tetap terpelihara, ada perbaikan hasil kerja dan mengahsilkan penyelesaian masalah lebih inovatif.
  8. Menerima Perubahan, perubahan sering kali menimbulkan rasa gelisa, permusuhan jika tidak dikomunikasikan dengan baik karna itu pemimpin harus mampu memberi penjelasan secara gamblang agar dapat diterima oleh staf terutama oleh mereka yang senior sehingga membantu mereka untuk melewati masa transisi dengan sikap empati dan luwes,  kalau tidak akan menimbulkan reaksi menolak dan apatis.
  9. Menerima Orang Yang Tepat untuk Pekerjaan, dilakukan dengan merencanakan kebutuhan secara baik lalu menerima menempatkan staf secara tepat staf sesuai kompetensinya sehingga membuat lingkungan kerja semakin kuat.
  10. Mengevaluasi Staf, dengan evaluasi secara rutin sesuai karakteristik staf pemimpin akan mengukur dan menilai kemajuan yang telah dicapai dari apa yang ditetapkan untuk dikerjakan oleh staf sehingga pemimpin  ikut mengawasi kinerja mereka.
  11. Menghadapi Staf bermasalah, perselisihan dengan dan antar staf menjadi energi negatif terhadap produktifitas kerja,  karena itu pemimpin harus sabar dan kerja keras untuk mendorong perbaikan kinerja staf dengan membangun kesadaran mereka akan tanggung jawabnya tanpa menyalakan dan balas dendam.
  12. Memberi penghargaan dan Mempertahankan staf, staf harus terus semangat dan puas untuk bekerja sebab ketika seorang tidak lagi bersemangat dan pinda ke tempat lain apalagi mereka yang berpotensi baik, maka kemungkinan infomasi, pengetahuan dan ketrampilan yang dimilikinya  ikut dibawa pergi dan pemimpin kehilangan aset sehingga harus dibangun kembali dari semula, karena itu mereka perlu mendapat pengakuan akan kontribusinya, mendapat apresiasi dengan ucapan terimakasih dan diberikan insentif tertentu.
  13. Belajar dari Kesalahan, setiap kesalahan mempunyai nilai yang harus dipelajari dan menyelesaikan dan pemimpin memastikan bahwa kesalahan tersebut tidak terulagi lagi  dimasa depan.
  14. Memahami tenaga kerja baru, tenaga kerja baru saat ini memiliki tuntutan kebuthan yang berbeda dari sebelumnya seperti mereka merasa lebih bebas, percaya diri, kreatif, memiliki standar kerja yang beda, mereka sulit berdiam diri menerima kurang dari apa yang mereka rasa pantas untuk diterima sebagai haknya dan sikap ini harus secara fleksibel diterima oleh pemimpin masa kini.
  15. Jangan berhenti belajar, saat ini ada tuntutan untuk menguasai ketrampilan, pengetahuan dan teknologi baru yang beruba begitu cepat, pemimpin harus terus belajar untuk menyesuaikanya dengan cara selain belajar dikelas tapi harus kembangkan satuan tugas baru dan banyak membaca.

Subscribe to receive free email updates:

Posting Komentar