Mengenal Makrobentos Jenis Siput

Makrobentos Jenis Siput (Thiara pantherina)
Sumber : Jajang Dokumentasi

Deskripsi
Thiara  pantherina merupakan hewan makrobentos anggota kelas Gastropoda yang hidup di perairan tawar, panjang cangkang 1 sampai 3 cm. Cangkang berbentuk seperti puliran kerucut semakin mengecil pada ujungnya, Thiara  pantherina merupakan hewan yang berjalan dengan menggunakan perutnya, dan dapat bersembunyi di dalam cangkang.   Thiara panterina ditemukan di kolam permanen zona gelap.

Morfologi
Thiara  pantherina memiliki cangkang berbentuk kerucut dengan  panjang berkisar antara 1-3 cm, tipe cangkang memanjang dengan bagian ulir utama agak membesar, apex berbentuk kerucut, cangkang berwarna coklat kehitaman dengan bercak-cak corak pada permukaan cangkang. Permukaan cangkang membentuk garis garis-garis horisontal melingkar.

Peranan
Thiara  pantherina merupakan hewan troglopile yaitu kelompok hewan gua yang seluruh hidupnya dihabiskan didalam gua, namun tidak tergantung sepenuhnya oleh lingkungan gua. Kelompok ini juga ditemukan diluar gua. Thiara  pantherina ditemukan di dalam genangan air permanen yang berada di gua kangkung.  Saat penelitian terdapat individu Thiara  pantherina sedang memakan tubuh kelabang yang telah mati.

Status Konservasi
Spesies ini tidak dievaluasi karena jumlah di alam sangat melimpah. Tidak memiliki status konservasi.

Peneliti dan Penulis Asli
Mahasiswa Biologi Universitas Muhammadiyah Surakarta 2011-2015
Ketua UKM Sangguru FKIP UMS 2013
SM-3T VI LPTK UNY Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat

Subscribe to receive free email updates:

Posting Komentar