Kucing Mania? Hati-hati dengan Pinjalnya ya

Muezza, adalah nama kucing Nabi Muhammad SAW. Beliau sayang sekali dengan makhluk Alloh yang satu ini. Ada beberapa riwayat yang menjelaskan keistimewaan kucing (klik disini), tapi kali ini saya akan membagikan informasi inang yang menjadi vektor penyakit yang sering mangkrak di tubuh kucing, pada umunya kucing ras di Indonesia baik kucing kampung atau kucing hutan yang biasa disebut blacan. Maka dari itu untuk para kucing mania, rawatlah binatang peliharaan kalian, komitmen selalu memberi makan dan juga membersihkan tubuhnya untuk meminimalisir terjangkingkita inang berupa pinjal. Untuk lebih jelasnya berikut kutipan tentang Pinjal Kucing atau Ctenocephalis felis.

Ctenocephalis felis lebih kecil daripada Ctenocephalis canis

Telur
Pinjal betina dapat bertelur rata-rata 1 butir telur per jam. Telur berbentuk oval, halus, berwarna putih-kekuningan dab berukuran sekitar 0,5 mm. Telur sangat mudah jatuh dari bulu hewan ke karpet, selimut atau rerumputan dan kemudian menetas jadi larva.

Larva dan Pupa
Larva makan hampir semua bahan organik dari tanah/lantai, namun pakam utamanya berasal dari kotoran kucing yang mengering. Larva memilih hidup ditempat yang terlindung dari hujan dan sinar matahari dengan kelembaban sekitar 75% dan suhu ruang 21-32 derajat celcius. Pupa berbentuk seperti kokon yang tertutup oleh kotoran dan debu sebagai kamuflase lingkungan.

Dewasa
Bentuk serangga dewasa mempunyai biji lamtoro, berukuran +3mm, berwarna coklat tengguli, pipih ke samping, seluruh tubuhnya tertutup dengan bulu-bulu kaku/keras dan panjang. Ciri lainnya adalah terdapat sederetan bulu keras dan tebal seperti gerigi sisir di bagian belakang kepala dan pipi (sisir genal dan pronotal). Kaki berjumlah 3 pasang, pasangan yang ke-3 adalah yang terbesar dan terpanjang, digunakan untuk melompat. Lompatannya tinggi dan jauh bila dibandingkan dengan ukuran tubuhnya. Pinjal jantan dan betina menghisap darah. Pinjal kucing hidup sebagai ektoparasit pada kucing. Pinjal ini banyak ditemukan pada kucing domestik.

Status Vektor
Marine typhus

Penyebaran
Jenis pinjal ini tersebar di Seluruh Indonesia.

Peran Serangga
Serangga membawa parasit : di dalam tubuh vektor parasit tumbuh dewasa dan memperbanyak diri

Habibat Vektor
Parasit pada kucing

Namanya King Tiger 
Sumber : Dokumen Pribadi

Sumber 
Sumber diambil dari Buku Atlas Vektor Penyakit di Indonesia, Kemenkes RI, Jakarta, 2011.  

Subscribe to receive free email updates:

Posting Komentar