Musca domestica Linnaeus, 1758

Gambar Lalat Rumah (Musca domestica)
Sumber : Kemenkes RI 2011

Telur
Seekor Lalat Rumah Betina dapat bertelur hingga 2000 butir selama hidupnya. Telur diletakan secara berkelompok. Setiap kali bertelur, betina akan meletakan telurnya sekitar 100-150 butir telur di tempat lembab dan banyak mengandung zat orgnaik seperti sampah dan materi-materi busuk lainnya. Telur akan menetas setelah satu hari.

Larva
Larva berwarna putih dan berumur 5 hari, kemudian berubah menjadi pupa yang berumur 4 hari sebelum menjadi dewasa.

Dewasa
Ukuran tubuh antara 6-9 mm, berwarna abu-abu kusam. Kepala besar, berwarna coklat kehitaman, mata besar dan menonjol, mempunyai sepasang antena kecil terletak di depan mata dan tiap antena terdiri atas ruas dasar berbentuk gada dengan sehelai rambut yang bercabang tumbuh di atasnya. Pada toraks terdapat 4 garis tipis membujur, perut berwarna kekuning-kuningan, bersayap 2 tanpa sisik dan berkaki 3 pasang. Jenis mulut adalah menjilat dan menghisap (labium). Abdomen berwarna kekuning-kuningan, sedangkan ruas terakhir berwarna coklat kehitaman. Tiga pasang kaki ditutupi oleh bulu lebat dan memiliki 2 buah cakar. Sepasang sayap tipis, tembus cahaya, kelabu pucat, pangkalnya berwarna kekuningan dan urat-urat sayap tampak jelas. Lalat ini sepanjang hari berada di lingkungan rumah (diurnal). Pada malam hari, Lalat Rumah cenderung beristirahat pada tali gantung vertikal dan menyukai di tempat kasar halus. Lalat dewasa akan siap kawin dalam waktu 2-3 hari. Habitat pada kotoran ternak unggas dan sampah membusuk penuh dengan bakteri dan organisme patogen lainnya.

Gambar Perkawinan pada Lalat Rumah (Musca domestica) dewasa 
(Sumber : Dokumen Pribadi)

Status Vektor
Bakteri (demam typhoid, demam paratyphoid, disentri, keracunan bakteri); protozoa (disentri amuba); virus (poliomyelitis trachoma Coxakie, hepatitis); Q fever, kecacingan, kolera

Peran Serangga
Serangga berperan membawa parasit tanpa perbanyakan dan perkembangan. Parasit ditularkan kepada orang lain melalui pencernaan atau gigitan.

Habitat Vektor
Pemukiman

Gambar Pembuangan Sampah, Salahsatu Habitat Lalat Rumah (Musca domestica)
Sumber : www.borneonews.co.id

Penyebaran Vektor
Lalat Rumah (Musca domestica) tersebar di seluruh Indonesia.  

Sumber
Sebagian besar sumber diambil dari Atlas vektor penyakit di Indonesia, Kemenkes RI, Jakarta 2011.

Subscribe to receive free email updates:

Posting Komentar