Mengungkap Khasiat Tanaman Bunga Sepatu (Hibiscus rosa sinensis L)

Tanaman Bunga Sepatu (Hibiscus rosa sinensis L)
Sumber : Dokumen Pribadi

Ingat morfologi tumbuhan ? Entah itu materi, praktek maupun mata kuliah?. Saya perkenalkan kembali Tanaman Bunga Sepatu (Hibiscus rosa sinensis L). Tanaman ini memiliki bunga sempurna yang mampu mewakili setiap bagian-bagian bunga, maka tidak jarang spesies ini selalu dijadikan contoh terapan bunga sempurna. Tapi kali ini bukan bunganya yang kita bahas, namun kekhasiatan tanaman ini. Di kutip dari Buku Kitab Tanaman Obat Nusantara ternyata tanaman ini memiliki khasiat. Bukan di Bunganya tetapi pada Daun. Berikut Ulasannya :

Famili : Malvaceae
Merupakan tanaman perdu tahunan, tegak, tinggi sekitar 3 m. Batang: bulat, berkayu, keras, diameter sekitar 9 cm, masih muda ungu dan setelah tua putih kotor. Daun: Tunggal, tepi beringgit, ujung runcing, pangkal tumpul, panjang 10-16 cm, lebar 5-11 cm, hijau muda, hijau. Bunga: Tunggal, bentuk terompet di ketiak daun, kelopak bentuk lonceng, berbagi lima, hijau kekuningan, mahkota terdiri dari lima belas sampai dua puluh daun mahkota, warna mahkota bervariasi, benang sari banyak, tangkai sari merah, kepala sari kuning, putik bentuk tabung. Buah: kecil, lonjong, diameter sekitar 4 mm, masih muda putih dan setelah tua coklat. Biji: Pipih, putih. Akar: Tunggang, coklat muda.

 Gambar Tanaman Bunga Sepatu (Hibiscus rosa sinensis L) setinggi sekitar 3 meter
Sumber : Dokumen Pribadi
 
Daun Bunga Sepatu (Hibiscus rosa sinensis L)
Sumber: Dokumen Pribadi 

Nama Daerah
Bungong Roja (Aceh), Bunga-bunga (Batak Karo), Soma-soma (Nias), Bekeju (Mentawai), Kembang Sepatu (Betawi), Kembang Wera (Sunda), Kembang Sepatu (Jawa Tengah), Bunga Rebong (Madura), Waribang (Bali), Nusa Tenggara:Embuhanga (Sangir), Bunga Cepatu (Timor), Ulange (Gorontalo), Kulango (Buol), Bunga Sepatu (Makassar), Bunga Bisu (Bugis), Ubu-ubu (Ternate), Bala Bonge (Tidore).

Khasiat
Daun Bunga Sepatu (Hibiscus rosa sinensis L) sebagai obat demam pada anak-anak, obat batuk, dan obat sariawan. Oleh orang Nigeria Daun Bunga Sepatu (Hibiscus rosa sinensis L) berkhasiat sebagai penambah vitalitas pria(aprodisiaka). Penelitian membuktikan bahwa ekstrak etanolik daun tanaman ini memberikan efek anabolik dengan ditandai adanya peningkatan berat badan tikus (22%) serta bobot testis, epididimis, seminal vesikel, dan prostat. Ekstak etanolik bunga tanaman ini juga dilaporkan dapat menurunkan kadar kolesterol darah total dan serum trigliserida (20-30%) serta meningkatkan level HDL hingga 12% dan menurunkan kadar gula darah. Daun, bunga, dan akar Hibiscus rosa sinensis L mengandung flavonoida. Disamping itu daunnya juga mengandung saponin dan polifenol, bunga mengandung polifenol, akarnya juga mengandung tanin, saponin, skopoletin, cleomiscosin A, dan cleomiscosin C.

Cara Pemakaian
Untuk susah BAB: Daun kembang sepatu dicampur air matang kemudian diperas pada wadah misalnya mangkok atau panci. Hasil perasan daun sepatu itu akan berupa lendir menyerupai minyak goreng. Air tersebut bisa langsung diminum.

Sumber
Kitab Tanaman Obat Nusantara, karya Herlina Widyaningrum dan Tim Solusi Alternatif, Penerbit MedPress, Kota Yogyakarta Tahun 2011.

Variasi Genetik Bunga Sepatu  
 
Bunga Sepatu Warna Kuning
Sumber : Dokumen Pribadi

Bunga Sepatu Warna Merah Muda
Sumber : Dokumen Pribadi
 Bunga Sepatu Warna Putih
Sumber : Dokumen Pribadi

Subscribe to receive free email updates:

Posting Komentar