Drosophila melanogaster Meigen, 1830

Gambar Lalat Buah atau Fruit fly (Drosophila melanogaster, Meigen 1830)
Sumber : Kemenkes RI 2011

Telur
Telur Drosophila melanogaster berbentuk bulat lonjong dan biasanya diletakkan di permukaan makanan terutama buah yang tidak tertutup, ukuran sekitar 0,5 mm, berwarna putih susu. Drosophila melanogaster bertelur dengan jumlah rata-rata 25-35 butir telur per hari. Telur akan menetas dalam waktu 4 hari.
 

Gambar Larva Lalat buah yang dibiakan
Sumber : http://thenode.biologists.com 
Larva
Larva Drosophila melanogaster berwarna putih. Tahap larva akan makan selama 4 hari. Pupasi biasanya berlangsung selama 4 hari, sehingga seluruh siklus hidupnya membutuhkan waktu 8 sampai14 hari.

 Gambar Siklus Hidup Lalat Buah (Drosophila melanogaster)
Sumber : www.biologycorner.com


Dewasa
Spesies ini umumnya dikenal sebagai lalat buah. Drosophila melanogaster sangat mudah berkembang biak (hanya memerlukan waktu 2 minggu untuk menyelesaikan seluruh daur hidup) serta memliliki banyak variasi fenotip yang mudah diamati. Tak jarang dalam mata kuliah genetika yang berhubungan dengan sifat fenotip menggunakan spesies lalat ini Lalat dewasa berukuran 2,5-4,0 mm, biasanya berwarna kuning kecoklatan atau hitam kecoklatan. Lalat Buah memiliki mata merah bata hingga kuning-coklat, dan memiliki cincin hitam melintang diatas perut mereka. Spesies ini menunjukan dimorfisme seksual: betina adalah sekitar 2,5 mm sedangkan lalat jantan lebih kecil dan bagian belakang tubuhnya berwarna lebih gelap. Jantan dengan mudah dibedakan dari betina berdasarkan perbedaan warna, dengan patch hitam berada diperut, dan sederet bulu gelap di tarsus kaki pertama. Panjang sekitar 3mm. Warnanya kuning-coklat atau berbintik-bintik dengan mata merah terang. Perut menggelantung saat terbang, sehingga nampak terbang lambat atau cenderung melayang.  

Gambar Klasifikasi Lalat Buah (Drosophila melanogaster)
Sumber : Slideshare.com

Drosophila melanogaster ditemukan di seluruh dunia, namun lebih banyak di daerah tropis. Habitat dapat ditemukan di padang pasir, hutan hujan tropis, kota, dan rawa. Sebagian besar spesies berkembang biak (habitat) di berbagai jenis tanaman membusuk dan bahan jamur, termasuk buah dan sayuran yang mengalami fermentasi, kulit kayu, lendir, bunga, dan jamur.


Gambar Perbedaan Lalat Buah Betina dan Jantan dewasa 
(Sumber : Slideplayer.com )

Status Vektor
Bakteri (demam typhoid, disentri)


Peran Serangga
Serangga berperan membawa parasit tanpa perbanyakan dan perkembangan. Parasit ditularkan kepada orang lain melalui pencernaan atau gigitan.

Habitat Vektor
Terdapat di Buah dan Sayur yang terpapar udara bebas dan membusuk

Gambar Pasar Buah Tradisional

Sumber : https://arumsekartaji.files.wordpress.com

Penyebaran Vektor
Lalat Buah (Drosophila melanogaster) tersebar di seluruh Indonesia.  

Sumber
Sebagian besar sumber diambil dari Atlas vektor penyakit di Indonesia, Kemenkes RI, Jakarta 2011.

Subscribe to receive free email updates:

Posting Komentar