Rumput Belulang (Eleusin indica)

Gambar Rumput Belulang (Eleusin indica) di Gunung Kelud
Sumber : Dokumentasi Andri Y.C

Klasifikasi menurut Bentham dan Hooker
Kingdom
Plantae
Divisi
Phanerogamae
Subdivisi
Angiospermae
Kelas
Monocotyledoneae
Ordo
Poales
Famili
Poaceae
Genus
Eleusin
Spesies
Eleusin indica

Deskripsi
Rumput belulang atau Eleusin indica merupakan salah satu jenis dari suku Poaceae yang sering dianggan sebagai gulma. Gulma ini terdapat pada daerah tropis dunia, khususnya di daerah Amerika Selatan dan Afrika. Herba tahunan ini sangat umum ditemui di seluruh daratan Indonesia dari daerah pantai sampai daerah pegunungan, 0-1.600 meter diatas permukaan laut. Habitatnya adalah seluruh daratan yang kosong, baik di rawa, gunung, maupun di halaman rumah. Penyebaranya sangat cepat dengan biji-bijinya yang kecil dan ringan sehingga mudah tertiup oleh angin dan mudah tumbuh apabila jatuh di daerah yang terdapat cukup air. Gulma ini sangat dikenal baik oleh petani di Indonesia karena paling banyak ditemukan pada kebun atau ladang. Apabila masih muda, gulma ini sangat mudah untuk dicabut namun apabila sudah dewasa dan membentuk lingkaran gulma ini sangat sulit untuk dicabut sehingga harus dicabut berikut tanahnya.

Morfologi
Sistem perakaran tumbuhan ini berupa akar serabut yang dalam, banyak, kuat, dan membentuk lingkaran sehingga sukar untuk dicabut. Tumbuhan ini membentuk koloni berupa lingkaran dari tunas-tunasnya, Eleusin indica merupakan herba berbatang gepeng dengan warna hijau muda sampai hijau tua. Pada pangkal batang tumbuh tunas-tunas yang cukup banyak sehingga tumbuh merumpun berbentuk lingkaran. Tinggi batang semuanya 0,2-0,8m. Pada pangkal daun terdapat rambut-rambut kasar berwarna putih, daun berpelepah dan duduk langsung pada batang dengan bentuk daun pita dengan ukuran 15 x 7 mm dan daun kecil  berukuran 6 x 3 mm. Bunga berupa malai keluar sepanjang tahun, tangkai karangan bunga panjang dan karanganya berbentuk 3-4 tangkai. Buah kecil berbiji 1-2, dengan biji berwarna coklat kehitaman, jenis ini memperbanyak diri melalui biji dan akar tinggalnya.

Manfaat
Eleusin indica, meskipun dianggap sebagai gulma namun tumbuhan ini berpotensi sebagai tanaman obat tradisional. Seluruh tubuh tumbuhan ini mengandung senyawa saponin, tanin, polifenol, lemak dan protein. Karena kandungan senyawa inilah Eleusin indica dapat digunakan sebagai obat untuk mengobati diare, masuk angin dan perut kembung.

Peneliti dan Penulis Asli
Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Surakarta 2011-2015
Alumni Sekolah Guru Indonesia
Aktivis Pendidikan
Ketua Bidang Penalaran dan Pengembangan SDM Biologi Lotus 2013

Subscribe to receive free email updates:

Posting Komentar