Program Pengalaman Lapangan Bagi Mahasiswa FKIP UMS di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta tahun 2014


ARTI PENTING PPL BAGI MAHASISWA
Program Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu kegiatan kurikuler yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa program S1 FKIP dan FAI Tarbiyah semester VII UMS untuk mendapatkan gelar sarjana. Kegiatan PPL  mencakup praktik pembelajaran dan kegiatan-kegiatan utama yang dilakukan oleh seorang guru di sekolah dalam melaksanakan tugas profesionalnya. Kegiatan ini diharapkan mampu membentuk empat kompetensi yang dipersyaratkan untuk menjadi guru yang professional, yaitu: kompetensi pendagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial. Maka dari itu Program Pengalaman Lapangan (PPL) ini harus dilakukan oleh setiap mahasiswa FKIP dan FAI jurusan Tarbiyah.

TUJUAN PPL BAGI MAHASISWA
Program Pengalaman Lapangan (PPL) secara umum bertujuan agar mahasiswa program S1 FKIP dan FAI UMS memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial. Sedangkan tujuan khususnya adalah mempersiapkan guru yang berkualitas dan mampu berkompetisi melalui standarisasi, uji kompetensi dan mampu menyesuaikan diri dengan adanya perubahan dalam bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi maupun perubahan masyarakat pada umumnya.

RANCANGAN KEGIATAN PPL
Observasi Pembelajaran Di Kelas
Dalam proses belajar mengajar, praktikan terlebih dahulu melakukan observasi pembelajaran di kelas. Hal ini dimaksudkan supaya praktikan memiliki gambaran dan pengalaman tentang bagaimana proses belajar mengajar di kelas, baik itu kondisi siswa maupun guru dalam memberikan materi pembelajaran. Dengan harapan para praktikan dapat melakukan proses belajar mengajar secara baik dan benar. Adapun hasil observasi pembelajaran di kelas sebagai berikut:

  • Praktikan mengetahui persiapan-persiapan yang dilakukan sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar maliputi: persiapan materi pelajaran yang akan diajarkan, membuat rencana pembelajaran, memilih serta meggunakan metode pengajaran yang tepat.

  • Praktikan mengetahui kegiatan yang dilakukan oleh guru pada proses pembelajaran akan dimulai.

  • Praktikan mengetahui kegiatan guru pada proses belajar mengajar.

  • Praktikan dapat mengetahui kegiatan siswa di dalam proses belajar mengajar di kelas.
Pembuatan RPP KTSP dan RPP K-2013 yang Telah Dilakukan 
Pembuatan RPP yang dilakukan praktikan PPL selama ada di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta adalah RPP KTSP dan RPP Kurikulum 2013. Karena pada kelas XII IPA dan XII IPS di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta masih menggunakan KTSP sedang pada kelas X dan XI baik MIA maupun IIS sudah diterapkan Kurikulum 2013.Pembuatan Rencana Program Pembelajaran (RPP) merupakan salah satu sistematik kegiatan dalam menyampaikan materi. Dalam Kurikulum 2013, RPP dilakukan sebelum melakukan kegiatan praktik mengajar, sehingga dapat mempelancar proses belajar mengajar dengan benar. Rencana Program Pembelajaran Kurikulum 2013 ini sendiri merupakan muatan yang berisi tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator pencapaian, kegiatan pembelajaran (mencakup 5 aspek yaitu Menanya, Mengamati, Mengomunikasikan, Menalar, serta Membentuk Jejaring), alokasi waktu, materi pokok/ pembelajaran, metode pembelajaran, sumber belajar, alat dan bahan dan penilaian. Sedangkan untuk RPP KTSP masih mencantumkan Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator, Tujuan Pembelajaran, dan pada kegiatan pembelajaran hanya menekankan pada pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Tidak luput juga dalam kedua RPP ini disertai soal-soal untuk penilaian berupa tugas terstruktur, mandiri tidak terstruktur, tugas kelompok dan pembahasannya beserta skor nilai.   

PELAKSANAAN PRAKTIK PEMBELAJARAN
Kegiatan praktik pembelajaran 
Tugas mengajar bagi praktikan di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta berjalan sesuai yang direncanakan. Urut-urutannya sebagai berikut:
  • Sebelum praktikan mengajar, praktikan menemui guru pamong untuk meminta materi yang akan diajarkan.
  • Praktikan menyiapkan perangkat mengajar meliputi: materi, RPP, surat tugas dan silabus untuk kegiatan praktik mengajar.
  • Sebelum mengajar, praktikan mengkonsultasikan perangkat mengajar tersebut kepada guru pamong.
  • Praktikan melaksanakan praktik mengajar dengan didampingi dan dipantau guru pamong.
  • Ketika praktikan ujian mengajar, guru pamong dan koordinator guru pamong memantau kegiatan pembelajaran di kelas.
  • Jika mengadakan evaluasi, hasil evaluasi diserahkan pada guru pamong.
Hal-hal yang perlu disiapkan oleh praktikan sebelum kegiatan pembelajaran yaitu:
  • Penguasaan materi ajar.
  • Kemampuan menyuport siswa.
  • Kemampuan menguasai kelas.
  • Kemampuan menyampaikan materi.
  • Kemampuan untuk mengembangkan materi dan referensi ajar yang berbeda.
  • Kemampuan mengelola proses pembelajaran.
  • Penilaian hasil belajar siswa.
  • Kemampuan berinteraksi dan berkomunikasi dengan siswa.
Umpan balik dari pembimbing  
Dalam proses pembelajaran yang dilakukan praktikan, guru pamong selalu memantau dan memberikan umpan balik dengan memberikan komentar serta evaluasi berupa catatan-catatan apabila ada hal yang harus diperhatikan. Sejauh yang praktikan amati, guru pamong telah ikut berpartisipasi dalam kemajuan kegiatan pembelajaran yang dilakukan praktikan.

PELAKSANAAN PRAKTIK PERSEKOLAHAN
Kegiatan praktik persekolahan adalah kegiatan yang dilakukan oleh praktikan selama berada di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Praktik persekolahan tersebut dapat berjalan dengan lancar sesuai yang telah direncanakan. Adapun kegiatan persekolahan yang dilaksanakan antara lain:

Acara penyerahan mahasiswa/ mahasiswi praktikan dari DPL ke pihak sekolah.

Penyerahan mahasiswa/ mahasiswi PPL dari pihak Universitas melalui DPL ke pihak sekolah dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 9 Agustus 2014 dengan dihadiri oleh Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 3 Surakarta, Dosen Pembimbing Lapangan, Koordinator guru pamong, guru pamong setiap jurusan, dan mahasiswa/ mahasiswi praktikan PPL di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. 
Praktik Mengajar
SMA Muhammadiyah 3 Surakarta sendiri masih dalam tahap masa transisi dari KTSP ke Kurikulum 2013 sehingga praktik mengajarnya menyesuaikan dari Guru Pamong yang bersangkutan dimana guru tersebut mengajar. Sekolah ini terbagi dari 4 kelas yang sudah menerapkan K-2013, yaitu X-MIA,X-IIS, XI-IIS, dan XI-MIA, Sedangkan XII-MIA dan XII-IIS masih menerapkan KTSP maka dari itu hanya mata pelajaran tertentu yang diijinkan untuk praktik mengajar dikelas XII. 
Piket Harian 
Dalam melaksanakan piket harian, praktikan yang piket terbagi hanya dua tempat yaitu di perpustakaan dan pintu gerbang. Kewajiban para praktikan tersebut bersifat fleksibel tergantung tugas dari guru piket yang piket saat itu. \
Kegiatan Ekstrakurikuler
Kegiatan Ekstrakurikuler di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta ada 5 ekstrakurikuler, diantaranya: IMMA, PMR, MUSIK, HW/PRAMUKA, dan PASKI. Namun yang baru terealisasi hanya IMMA dan PASKI 
Memeriahkan Acara HUT RI pada Tanggal 17 Agustus 2014 
Dalam rangka memeriahkan HUT tanggal 17 Agutus 2014, pratikkan mahasiswa PPL mengadakan acara lomba-lomba yang diikuti oleh siswa-siswi SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Lomba-lomba yang diadakan oleh mahasiswa PPL diantaranya lomba akademik dan lomba uji suportifitas dan kekompakkan. Lomba-lomba tersebut bertujuan untuk mencari dan mengetahui bakat dan minat siswa/siswi SMA Muhammadiyah 3 surakarta baik di bidang akademik maupun non akademiknya. 
Pemilihan Ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah Muhammadiyah (IPM) 
Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) yaitu organisasi yang dibentuk oleh sekumpulan siswa untuk melatih jiwa kepimpinan yang ada pada diri siswa SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. IPM setara dengan Organisasi Siswa Intra Sekolah jika pada sekolah negeri. Pemilihan Ketua ini dilaksanakan pada tanggal, dengan cara sistem demokrasi dan membuat miniatur pemilu yang dikuti oleh seluruh keluarga SMA Muhammadiyah 3 Surakarta baik siswa, guru dan staf karyawannya 
Kegiatan Idul Adha
Hari idul Adha jatuh pada tanggal 10 Dzulhijah atau pada hari Sabtu tanggal 4 Oktober 2014. Pada hari tersebut semua siswa- siswi diliburkan sejak tanggal 3 sampai 5 Oktober 2014. Puncaknya pada hari Senin di sekolahan diadakan acara penyembelihan hewan qurban. Acara tersebut tidak wajib diikuti oleh siswa, tetapi apabila ada siswa ingin datang dan berpartisipasi diperbolehkan. Penyembelihan di mulai pukul 07.00- 12.00 WIB. Daging qurban dibagikan kepada fakir miskin dilingkungan sekitar.  Jumlah hewan qurban sendiri terdiri dari satu ekor sapi dan 6 ekor kambing.
Mengawas Ujian Tengah Semester Gasal 2014/2015 
Memasuki Bulan Oktober, SMA Muhammadiyah 3 Surakarta dihadapi dengan Ujian Tengah Semester Gasal 2014/2015 yang dilaksanakan pada Hari Rabu 8 Oktober 2014 – Hari  Kamis 16 Oktober 2014, dimana seluruh praktikan direkomendasikan untuk menjadi pengawas dalam Ujian Mid Semester tersebut. 
Acara penarikan mahasiswa/ mahasiswi praktikan 
Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Kamis tanggal 16 Oktober 2014 pukul 12.30 WIB di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta yang dihadiri oleh seluruh peserta PPL, kepala sekolah, koordinator guru pamong, Dosen pembimbing Lapangan, guru pamong dan staff karyawan SMA Muhammadiyah 3 Surakarta serta IPM SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. 

KETERKAITAN PROGRAM DAN PELAKSANAANNYA
Analisis keterkaitan program dan pelaksanaanya
Antara program dan pelaksanaan terdapat hubungan yang sangat erat. Dimana pelaksanaan merupakan realisasi dari program yang telah disusun. Oleh karena itu, kedua hal tersebut tidak dapat dipisahkan agar hasil yang diharapkan dapat tercapai.

Beberapa video kegiatan Pelepasan Peserta PPL

 




Subscribe to receive free email updates:

Posting Komentar