LALAT VEKTOR

Contoh Lalat Vektor Musca domestica 
(Sumber : entnemdept.ufl.edu)

KLASIFIKASI LALAT
Lalat diklasifikasikan dalam kelas Insekta, Ordo Diptera. Kelompok lalat yang diketahui sebagai vektor penyakit lingkungan rumah adalah lalat dari suku Muscidae dan Tabanidae. Lalat suku Muscidae yang sering dijumpai dilingkungan pemukiman penduduk adalah lalat seperti gambar diatas yaitu Lalat Rumah (Musca domestica), Lalat Hijau (Chrysomya bezziana), dan Lalat Kandang (Stomoxys calcitrans).

MORFOLOGI LALAT
Lalat berukuran 2-8 mm, warna beragam sesuai dengan jenisnya (abu-abu kehitaman, kuning, coklat, dan hijau/biru). Badan mempunyai bulu halus (bristle), 2 antena, 2 sayap, 3 pasang kaki dan tipe alat mulut menjilat (labium) dan ada pula menusuk-menghisap (probosis ; berbentuk seperti bayonet/pisau).

 Ukuran Spesimen Lalat Rumah (Musca domestica)
Sumber : Kemenkes RI 2011

Morfologi Lalat Secara Umum
Sumber : Kemenkes RI 2011
 
DAUR HIDUP LALAT
Lalat berkembangbiak melalui 4 tahap (metamorfosis sempurna) yaitu telur, larva, pupa, dan dewasa. Lalat berkembangbiak dengan  cara bertelur. Lalat betina dewasa mampu bertelur 5 kali selama hidupnya dan mengeluarkan 100-450 butir setiap kali bertelur. Telur berwarna putih, dan berukuran kurang lebih 1mm. Telur menetas menjadi larva setelah 1-5 hari. Larva ukuran 12-13 mm dan berwarna putih kekuningan. Stadium larva akan menjadi pupa setelah 3-12 hari. Pupa pada umumnya berwarna coklat dan berumur 3-28 hari. Lalat muda mampu terbang 450-900 meter. Siklus hidup lalat sangat bervariasi rata-rata 6-28 hari. Umur lalat dewasa 2-3 minggu, tetapi pada kondisi suhu rendah umur lalat dapat mencapai 3 bulan.

Gambar Metamorfosis Sempurna dari Lalat Rumah (Musca domestica)
Sumber : Kemenkes RI 2011 

Sumber
Sumber diambil dari Atlas vektor penyakit di Indonesia, Kemenkes RI, Jakarta 2011

Subscribe to receive free email updates:

Posting Komentar