Contoh Proposal Busines Plan Pada Jamur Tiram Putih dalam Bentuk "Mush Ball"


1.    Latar Belakang
Tingkat kebutuhan hidup yang semakin hari semakin meningkat, tanpa adanya kreatifitas masyarakat untuk dapat menciptakan suatu produk yang nantinya akan menambah pendapatan hidup, namun fenomena yang terjadi pada saat ini kebanyakan masyarakat hanya menggantungkan pekerjaan kepada orang lain tidak hanya masyarakat yang berpendidikan rendah namun juga terjadi pada kalangan intelektual, keadaan ini tidak patut untuk di tirukan, padahal pendapatan kita jika membuka usaha sendiri untungnya akan semakin besar. Kreatifitas dan keterampilan merupakan faktor yang paling berharga, karena dengan dua hal tersebut kita akan dapat menghasilkan banyak manfaat bagi kita dan orang lain, sebagai contoh dalam pemanfaatan jamur tiram menjadi bakso sebagai makanan yang bergizi dan aman bagi kesehatan guna membuka peluang bisnis di ruang lingkup kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Setiap orang pasti ingin menjadi sukses di bisnis atau usahanya sendiri. Banyak sekali jalan menuju kesuksesan, salah satu diantaranya dengan membuat sebuah cikal-bakal bisnis yang diharapkan mampu mengembangkan daya kreativitas dan inovasi. Hal ini sangat membutuhkan keberanian yang luar biasa. Bisnis adalah sebuah pembelajaran, dimana dibutuhkan analisa yang sangat dalam tentang prospek dan kelayakan dalam usaha itu. Oleh karena itu, bisnis itu harus dimulai sejak dini sehingga kita memiliki banyak waktu untuk dapat berpikir dan mengolah otak demi kesuksesan usaha tersebut. Peluang usaha di depan mata, tidak ada salahnya kalau kita memulai sekarang. Inilah yang melatarbelakangi ide bisnis bakso jamur kami.
2.    Analisis SWOT
a.       Kekuatan      :
1)      Jamur tiram putih sebagai campuran dalam pembuatan bakso, antar lain nilai gizi tinggi, sifat fisik kenyal menyerupai daging ayam dan harga relatif murah. Jamur terbukti ampuh melawan HIV, kolesterol, gula darah, kanker, dan afrosidiak.
2)      Bisnis ini tidak membutuhkan modal yang banyak
3)      banyak peminat makanan dari jamur
4)      pembuatan produk membutuhkan waktu yang relatif singkat dan mudah
5)      produk yang dihasil murah, sehat dan rendah kolesterol.
b.      Kelemahan    :
Jamur mengandung banyak air yang dapat membuat adonan bakso jamur jadi lembek. 
Melihat masih sedikitnya penjual siomay jamur di, maka bisnis siomay jamur mempunyai peluang yang masih sangat besar untuk dibuat peluang bisnis yang bagus.           
c.      Ancaman    :
Persaingan yang semakin ketat dalam dunia bisnis, jadi harus pandai untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan.
3.    Deskripsi Produk
   Bakso adalah jenis bola daging yang paling lazim dalam masakan Indonesia. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang. Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur, ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran. Berbagai jenis bakso sekarang banyak di tawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan dan mall-mall. Irisan bakso dapat juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau cap cai. Fenomena seperti ini membuka wawasan untuk mencari bahan campuran lain dalam pembuatan bakso yang mampu mempertahankan bakso sebagai makan bergizi tinggi yaitu sumber protein yang baik terutama protein hewani. Bakso dengan campuran jamur tiram putih mempunyai prospek cerah untuk dikembangkan. Alasan jamur tiram putih sebagai campuran dalam pembuatan bakso, antar lain nilai gizi tinggi, sifat fisik kenyal menyerupai daging ayam dan harga relatif murah.
Jamur kaya akan berbagai jenis vitamin, antara lain B1 (thiamine), B2 (riboflamin), niasin, dan biotin.Selain elemen mikro, jamur mengandung berbagai jenis mineral, antara lain K, P, Ca, Na, Mg, dan Cu. Hebatnya, jamur terbukti ampuh melawan HIV, kolesterol, gula darah, kanker, dan afrosidiak.Dari hasil penelitian, rata-rata jamur mengandung 14-35% protein. Dibandingkan beras (7,38%) dan gandum (13,2%), ia berkadar protein lebih tinggi. Asam amino esensial yang terdapat pada jamur kurang lebih ada 9 jenis dari 20 asam amino yang dikenal. Istimewanya lagi, 72% lemaknya tidak jenuh (unsaturated).  Jamur kaya akan berbagai jenis vitamin, antara lain B1 (thiamine), B2 (riboflamin), niasin, dan biotin.Selain elemen mikro, jamur mengandung berbagai jenis mineral, antara lain K, P, Ca, Na, Mg, dan Cu. Hebatnya, jamur terbukti ampuh melawan HIV, kolesterol, gula darah, kanker, dan afrosidiak.Dari hasil penelitian, rata-rata jamur mengandung 14-35% protein. Dibandingkan beras (7,38%) dan gandum (13,2%), ia berkadar protein lebih tinggi. Asam amino esensial yang terdapat pada jamur kurang lebih ada 9 jenis dari 20 asam amino yang dikenal. Istimewanya lagi, 72% lemaknya tidak jenuh (unsaturated).
Jadi dengan mengkonsumsi jamur tiram sebagai bahan dasar bakso maka kita akan mendapatkan beberapa kandungan nutrisi yang bisa menjaga kesehatan tubuh.
4.        MODAL YANG DIBUTUHKAN
Modal yang dibutuhkan pada tahap awal adalah sekitar Rp 136.000,00, dari modal sebanyak itu diharapkan dapat menghasilkan 80 bungkus jamur crispy. Setiap bungkus jamur crispy dijual dengan harga Rp 2000,00. Maka apabila terjual semua akan mendapatkan hasil Rp 160.000,00, dengan perkiraan total modal dan hasil penjualan maka didapatkan laba Rp 24.000;00.
Rincian dana jamur crispy ini antara lain:
1)      Jamur 2 kg                                           Rp 24.000,00
2)      Daging 2 kg                                         Rp 20.000,00
3)      Penggilingan bahan                               Rp 11.000,00
4)      Saos sachet 80 buah                            Rp 24.000,00
5)      Plastic Mika                                        Rp 12.000,00
6)      Pekerja (3 orang@Rp 15.000;00)       Rp 45.000,00     +
                        Total                                                    Rp 136.000,00

Ada yang mau Coba ?

Subscribe to receive free email updates:

Posting Komentar